Beranda | Artikel
Jual Beli Properti dan Buah
Senin, 1 Oktober 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Erwandi Tarmizi

Jual Beli Properti dan Buah adalah kajian yang disampaikan oleh: Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A. yang merupakan rekaman kajian kitab زاد المستقنع في اختصار المقنع atau populer dengan sebutan Kitab Zadul Mustaqni. Kitab ini merupakan kitab fiqih Madzhab Hanbali, karya Syaikh Syarifuddin Abu Naja Musa bin Ahmad Al-Hajawi rahimahullah dan merupakan ringkasan dari Kitab Al-Muqni karya Ibnu Qudamah rahimahullah. Kajian ini disampaikan pada 25 Dzul Hijjah 1439 H/ 06 September 2018 M.

Download kajian sebelumnya: Menjual Rumah dan Perabotnya

Download juga Kitab Zadul Mustaqni – Format PDF di sini

Kajian Tentang Jual Beli Properti dan Buah – Kitab Zadul Mustaqni

Bila seseorang menjual sebidang tanah, lalu dia mengatakan “saya jual tanah”. Penjual tidak menjelaskan tanah dan apapun yang ada di atas tanah. Jika di atas tanah tersebut terdapat tanaman tua seperti pohon mangga, pohon durian, pohon kelapa, maka semua itu masuk kedalam pembelian. Dan termasuk bangunan yang berada di atas tanah tersebut. Jika yang ada di atas tanah tersebut adalah tanaman muda seperti palawija, gandum, sayur mayur atau yang lainnya, maka bagi penjual apa yang tersisa dari itu. Artinya apa yang ada pada waktu itu adalah milik penjual.

Kalau penjual melafadzkan “saya jual tanahnya saja, bangunan dan tanaman-tanaman tua di atasnya tidak saya jual”. Jika pembeli setuju, maka persyaratan itu berlaku. Hanya saja pemasalahan kita adalah jika tidak dijelaskan.

Jika seseorang menjual sebuah pohon. Lalu dia hanya mengatakan “Saya jual pohon mangga ini”. Apakah tanah ikut masuk kedalam pembelian tersebut? Jawabnya adalah bahwa tanah tersebut tidak termasuk kedalam pembelian. Para ulama telah sepakat tentang hal ini. Karena pohon adalah cabang, sedangkan tanah adalah asal dari tanah tersebut.

Simak penjelasan lengkap dan download MP3 kajian tentang Jual Beli Properti dan Buah – Kitab Zadul Mustaqni


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/44786-jual-beli-properti-dan-buah/